INSTRAT : Prabowo-Hatta UngguL di Jawa Barat

Home  >>  berita  >>  INSTRAT : Prabowo-Hatta UngguL di Jawa Barat

INSTRAT : Prabowo-Hatta UngguL di Jawa Barat

On July 10, 2014, Posted by , In berita, With No Comments

prabowo hatta

Bandung –  INSTRAT (Indonesia Strategic Institute) menyelenggarakan survei pada tanggal 3-5juli 2014 untuk melihat prefensi pilihan publik Jawa Barat terhadap pasangan kandidat Presiden dan Wakil presiden. Survey ini melingkupi 26 Kabupaten / Kota se-Jawa Barat dengan mengambil 1200 sampel responden.

Survey menggunakan metode multi stage random sampling dan pengambilan data dilakukan surveyor dengan wawancara tatap muka. Margin error survey ini adalah 2,85% dengan tingkat keyakinan 95%

Berdasarkan survey yang dilakukan, ditemukan bahwa pasangan Prabowo-Hatta unggul di Jawa Barat. Pasangan nomor urut 1 ini mendapat suara dukungan 65,01% dan pasangan nomor urut 2 mendapat suara dukungan sekitar 34,99% dan masih terdapat 17% yang belum menentukan pilihan.

Untuk sebaran Kabupaten/kota Jokowi-JK unggul di Kab.Cirebon, Kab.Majalengka,Kab subang dan Kota Cirebon. Sedangkan di sisa 18 Kab/kota lain, Prabowo-Hatta unggul.

Prabowo-Hatta pun mendapat suara yang merata di berbagai umur maupun jenjang pendidikan meski pada pemilih pemula Prabowo-Hatta lebih unggul. Sedangkan hasil survey di Kota Bandung sendiri menemukan bahwa sekitar 52% responden akan memilih pasangan Prabowo-Hatta dan sekitar 31,8% menyatakan
akan memilih Jokowi-JK dan sisanya menyatakan belum memilih pilihan ataupun merahasiakan pilihannya.

Selain itu, hanya sekitar 25% responden mengatakan bahwa masih memiliki peluang untuk mengubah pilihannya. “Debat Kandidat di televisi menjadi aspek tertinggi yang mampu mengubah pilihan publik”. Selain itu masyarakat Jawa Barat dominan memilih Prabowo-Hatta karena prabowo dianggap tegas, berani dan pasangan nomor 1 adalah pasangan yang rasional.

Hasil raihan suara di Jawa Barat sangat berpengaruh terhadap hasil akhir dan hasil pemilu Nasional. Dengan jumlah pemilih 32,8 juta, tentunya hasil di Jawa Barat ini secara relatif bisa mencerminkan hasil dari pilpres mendatang.

sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *