Dari sekian program yang termaktub dalam Program Unggulan Bandung Juara, #ReboNyunda dinyatakan sebagai program yang paling berkesan. Hal tersebut berdasarkan hasil survei yang dirilis Indonesia Strategic (Instrat) Selasa (16/9) di Bandung.

Survei Instrat yang berjudul “Persepsi Warga Terhadap Kinerja Pemerintah Kota Bandung dalam Kepemimpinan 1 Tahun Ridwan Kamil dan Oded M Danial” dirilis bertepatan dengan satu tahun pelantikan Ridwan Kamil dan wakilnya.

Analis senior Instrat, Adi Nugroho, menyatakan surveinya merupakan persepsi publik bukan evaluasi kinerja pemerintah Ridwan Kamil. Survei melibatkan 500 responden yang dipilih secara proporsional minimal berusia 17 tahun dan sudah menetap di Bandung selama tiga tahun terakhir. Sampel responden tersebar di 30 kecamatan dan 100 kelurahan di Kota Bandung dengan margin of error sebesar 4,5 persen.

Sebanyak 60,8 persen responden menyatakan puas atau berkesan dengan program #ReboNyunda. Sesuai namanya, setiap hari Rabu warga Bandung diminta untuk berkomunikasi dalam Bahasa Sunda bahkan untuk nge-tweet pun menggunakan bahasa daerah. Selain itu menurut Direktur Riset Instrat, Ridwansyah Yusuf Achmad, #ReboNyunda makin berkesan karena anak-anak sekolah memakai pakaian tradisonal Jawa Barat setiap hari Rabu. Pangsi untuk murid pria dan kebaya untuk wanita.

Di urutan selanjutnya adalah #SeninBisGratis (51,6%), #KamisInggris (43,6%), #Sabtuculinarynight (42,8%), dan #SelasaTanpaRokok (42,6%). Sedangkan untuk program #Jumat Bersepeda dan #MingguCFD datanya tidak tersedia.

Diluar program harian tematik, Gerakan Sejuta Biopori dinilai paling berkesan dengan jumlah respondennya mencapai 57,8 persen. Diikuti Taman Tematik (54%), Gerakan Pungut Sampah (52,4%), dan Bandung Tour on Bus (34,8%).