OUR SERVICE

Home  >>  OUR SERVICE

INSTRAT sebagai sebuah lembaga kajian pada isu-isu strategis, sosial, politik, dan humaniora memberikan beberapa jasa layanan kepada mitra. INSTRAT sangat terbuka untuk skema layanan yang khas dan sesuai dengan permintaan mitra. Adapun layanan yang dapat diberikan oleh INSTRAT adalah sebagai berikut;
 

  1. Rekomendasi Kebijakan / Policy Brief

INSTRAT memberikan rekomendasi kebijakan baik dalam bentuk dokumen penuh maupun policy brief sebagai bahan pengambil kebijakan dalam menentukan langkah. Logika berpikir INSTRAT dalam melakukan aktivitas ini adalah dengan mengkombinasikan data, informasi, visi/pandangan pengambil kebijakan, kajian mendalam tim INSTRAT, serta menyesuaikan dengan konteks waktu. Rekomendasi diberikan juga dalam bentuk usulan strategi implementasi serta peta pemangku kepentingan yang dapat dilibatkan beserta perannya.

 

  1. Kajian Kebijakan

Kajian kebijakan dapat berupa pembuatan, evaluasi pra-/pasca- implementasi, maupun studi perbandingan kebijakan. INSTRAT berfokus pada kebijakan pembangunan secara umum, isu strategis yang berkaitan dengan masyarakat seperti pendidikan, kesehatan, dan lingkungan, isu sosial, ekonomi, politik, dan humaniora.

 

  1. Pemetaan dan Kajian Isu Sosial dan Humaniora

Dalam proses pengambilan kebijakan, data dan informasi adalah sebuah isu yang sangat penting. INSTRAT dapat menyediakan data yang faktual dan kredibel sebagai landasan bagi mitra untuk melangkah. INSTRAT didukung oleh tim peneliti lapangan (surveyor) yang sudah terlatih dan berintegritas, didukung pula oleh teknologi IT untuk memastikan data yang diambil dapat diproses dengan baik.

 

  1. Pendampingan dan Pemenangan Pemilihan Umum Kepala Daerah / Nasional

Aktivitas yang dilakukan meliputi survey isu, survey politik (elektabilitas/popularitas), quick count, penyiapan konten kampanye, konsultasi branding, konsultasi media, pengorganisasian relawan. INSTRAT dapat bermitra dengan kandidat secara personal maupun partai politik pengusung kandidat tertentu.

 

  1. Evaluasi Kinerja dan Persepsi Pembangunan dan Pelayanan Publik

Pemerintah idealnya melakukan evaluasi secara berkala tentang bagaimana persepsi dan keberterimaan kebijakan serta layanan publik yang telah diberikan. Publik tentu memiliki cara pandangnya sendiri dalam menilai sebuah kebijakan atau kualitas layanan publik; sehingga menangkap persepsi/keberterimaan publik perlu dilakukan.

  1. Analisa Konten dan Media

Era demokrasi baru Indonesia telah menjadikan media sebagai salah satu aktor yang perlu dipertimbangkan. Apa yang tersebar melalui media dapat bertransformasi menjadi opini publik yang sangat cepat bergulir. INSTRAT memberikan layanan berupa analisa konten media untuk memberikan gambaran mengenai apa yang sedang berkembang/isu strategis di wilayah tertentu dan nasional.

 

  1. Pendampingan Komunikasi Publik dan Media

Publik kini tidak hanya melihat isi/konten dari sebuah pernyataan, melainkan juga gesture dan cara komunikasi. INSTRAT mencoba memberikan pendampingan agar seorang atau kelompok dapat mengeluarkan pernyataan yang tepat, sesuai, dan dapat pengaruhi opini yang ada.

 

  1. Peningkatan Kapasitas

Kapasitas Kepala Daerah, Pemerintah baik di Pusat, Provinsi maupun Daerah, BUMN/BUMD perlu terus meningkatkan kapasitanya agar selalu adaptif terhadap perubahan kondisi. Indonesia dalam 15 tahun terakhir sangat dinamis, banyak perubahan peraturan, sistem dan tata kelola pemerintahan, serta isu-isu baru. INSTRAT dapat memberikan pendampingan kepada mitra untuk bisa meningkatkan kapasitanya dalam bidang-bidang yang diperlukan.